Wednesday, December 28, 2022

Celotehan Seorang Pengeluh

Kita punya cara sendiri buat menghabiskan waktu luang. Ada yang menghabiskan waktu dengan diam, ada yang menghabiskan waktu dengan mengeluh, ada yang menghabiskan dengan berkarya, ada juga yang menghabiskan waktu dengan scroll tiktok. Apapun itu ya kita punya kesibukan masing-masing buat masa depan kita. Padahal engga. Karena kebanyakan dari kita ngalamin kesepian.

 

Gua suka sama orang yang perilaku nya bisa gua contoh, yang bisa guaambil sisi baiknya. Mulai dari cara bicara, cara dia memulai obrolan, cara dia berpakaian, cara gimana dia merawat kucing, salut dengan cara dia yang bersikap sederhana, gua suka sama orang yang bisa menginspirasi orang-orang. Gua pengen temenan sama orang yang kayak gitu, perilakunya yang bisa jadi contoh yang baik.

 

Jikalau ada perilaku yang buruk maka gua abaikan yang buruknya dan gua coba kasih tau sebisanya. Engga akan gua musuhin kecuali ngeganggu mental gua.

 

Tapi pada dasarnya gua laki-laki yang penuh munafik, sering buat kesalahan dan dosa. Di suatu ketidaksesuain gua sering diem dengan raut wajah biasa aja, sampe orang-orang ngira kalo gua itu sabar, orang baik. Padahal dibalik diemnya gua ada rasa dendam karena ga terima. Padahal kepengen ngungkapin kalo gua itu pengen nya begini... bukan kayak gitu... tapi karena gua lemah jadinya cuma bisa diem dan dipendem.

 

Alhasil banyak orang yang betingkah seenaknya, ngatur sana ngatur sini kek atasan. Dan yang sering gua lakuin pura-pura nerima celotehan mereka dengan ngomong 'iya' biar mereka diem.

 

Gua lebih suka bertukar pikiran sama orang susah yang mau berubah, karena mereka itu orang-orang yang punya mimpi lebih dari sekedar orang yang suka belanja ke mall. Gua suka akan kesederhanaannya tapi tetep bisa tampil rapi dan baik. Gua juga lebih suka ngedengerin mereka bercerita ketimbang cerita, karena yang gua bisa buat mereka itu menghargai apa yang udah mereka pikirkan. Membuat mereka jadi percaya diri.

 

~~~

 

Gua salut ama bapak gua, dia orang yang baik dan jujur. Tapi gua enggak mau kayak dia, karena dia miskin walaupun dia baik dan jujur. Pengen banget gua ngerubah status miskin di kehidupan gua. Gua sesekali berdoa sama Tuhan supaya diberi jalan buat punya banyak uang. Keinginan gua pun diberi jalan saat itu, gua dapet pekerjaan dan dapet uang. Tapi cuma buat nyambung hidup dan bayarin utang bapak gua. Iya.

 

Pergi berlibur bersama keluarga adalah hal yang enggak pernah gua dapetin saat gua jadi dewasa. Tiap hari selalu ketemu di rumah tapi enggak ada cerita. Gua malah sesekali berceritanya kepada Tuhan tentang keluh kesah yang gua alamin, tentang kemiskinan, tentang gua suka sama seseorang dan yang lainnya. Sampe kemudian pikiran dan hati gua sedikit terbuka untuk belajar menerima apa yang terjadi dan bersyukur.

 

Gua jadi lebih sedikit menikmati dari kesepian gua ini setelah menerima apa yang datang ke kehidupan gua. Menerima arti dari kesederhanaan, ketika temen-temen gua udah banyak jalan-jalan ke luar kota dengan gaya hidup mewah sama pasangannya, biar gua nikmatin suasana lingkungan gua walau lebih seringnya sendirian terus. Kalo dibilang mau ada perubahan ya pastinya mau banget, ya mau gimana? memang jalan hidupnya kayak gini buat saat ini. Insya Allah ketika ada kesempatan, gua bakal ngerubah nasib gua ini jadi lebih baik suatu saat nanti. Aamiin,

 

~

 

Gua jadi sadar sama kekurangan gua. Gua pengen punya temen akrab yang suka saling tuker cerita, tapi gua ga pandai mulai pembicaraan. Gua lebih suka di zona nyaman gua sendiri dan di situ masalahnya. Jadi gua coba mulai belajar jualan kebutuhan ritel biar orang-orang yang mulai pembicaraan sama gua. Tapi masih belum ada juga.

 

Gua juga jadi sadar akan diri gua yang tadinya kepengen punya pasangan cantik, bersih, glowing, sexy, montok (bhaaa engga lah) dan perlahan gua pun menurunkan ekspetasi gua sedikit demi sedikit. Karna gua ini bukan artis atau juga sodaranya rafi ahmad, gua cuma kuli pabrik, gua juga enggak seganteng iqbal coboy junior atau juga sepinter albert einsten, gua cuma orang biasa dan sekarang gua sadar akan diri. :)

Yang penting pasangan gua itu bisa saling memahami keadaan dan bisa selalu nyambung suatu pembicaraan. Dan ternyata itu jauh lebih sulit ditemukan. :(

 

Meskipun hidup gua penuh kesepian tapi gua ga pernah menangis. Karena yang gua inget terakhir gua nangis ketika gua minta sesuatu kepada Tuhan setelah sembahyang. Meminta kepada Tuhan pun jarang banget gua lakuin karena nunggu rumah lagi sepi dulu. Ternyata kesepian engga selamanya hal yang menyedihkan. Justru karena kesepian ini bikin gua berani buat berdoa sama Tuhan. Walau pada akhirnya gua menangis.

 

Pada akhirnya kita semua bakal berubah oleh keadaan buruk yang menimpa kita. Ga ada yang bisa ngubah seseorang secara total kecuali keadaan buruk yang terjadi di hidup kita. Cuma teori.


Gimana kabar kalian? Moga baik-baik aja yak. Aamiin. 


 

2018 

 

 

13 comments:

  1. Duuh..deep banget mas ini tulisannya,moga"apa yang di impikan bisa kesampean,amiin..apalagi kalo berdoa sampe bisa nangis itu tandanya kayak kita udah pasrah,bukan pasrah dalam arti gak usaha ya,tapi pasrah kayak berserah diri gitu d hadapannya ..itu kayak dialog kita sama yg diatas,memohon segalanya,alhamdullilah biasanya kalo udah nangis gtu hati berasa plong,tenang aja...saya suka nih type"tulisan yg gini ,karena sy gak ngerti dan GK suka aja kalo ngulas yg ribet"maklum otak dan hidup udh ribet,jadi kepingin baca yg kayak cerpen aja😁,salam kenal

    ReplyDelete
  2. Eeh kayaknya dulu"banget sekitar 3 thn yg lewat saya kenal dengan nama ini loh..Candra Wijaya..dulu sy pernah punya blog namanya Heniajaa.com,tpi udh off..tpi ini beda blognya yaa..iya apa nggk yaa😁🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih inget ya ka😂 udah lama banget mau mampir ke blog nya kok gak bisa dikunjungi...udah beda blog ternyata😄 gimana kabar nya ka, moga baik2 aja hehehee

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Nah itu dia, saya setuju "Pada akhirnya kita semua bakal berubah oleh keadaan buruk yang menimpa kita. Ga ada yang bisa ngubah seseorang secara total kecuali keadaan buruk yang terjadi di hidup kita.." senada dengan "Masalah mendewasakan kita" 🤣

    ReplyDelete
  4. Kirain aku doang, ternyata ada juga yang senasib, mau jalan-jalan kadang terkendala sama duit. Bahkan ke pantai Anyer Banten yang jaraknya paling sejam juga belum pernah ke sana, tiket masuknya lumayan buat jajan lainnya saja.😂

    Aku juga kadang pengin ngobrol sama tetangga sebelah buat basa basi, tapi kadang bingung gimana mulainya. Akhirnya di rumah saja, ada yang bilang sombong tidak mau keluar tapi gimana ya, aku grogi kalo banyak orang.😑

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Kalo mau hujat juga gpp koq, kasih komentar terburuk anda..

komentar reply