Senin, 22 Agustus 2022

Menjadi Diri Sendiri

Terlahir jadi laki-laki/perempuan itu takdir, tapi menjadi diri sendiri adalah pilihan. Kalo jadi gay itu kelainan. Kadang setiap orang rela ngelakuin apa aja demi disukai, demi dapet penilaian baik dari orang lain. Dan ga nutup kemungkinan rela ngubur diri sendiri dengan menjadi orang lain. 
 

Tau ga sih, ketika kita mencoba jadi orang lain atau berusaha menyenangkan org lain, secara ga sadar kita menghilangkan jati diri secara perlahan. Gue ga begitu pandai sih ngejelasinnya gimana tapi gue punya pengalaman.

 

Dulu waktu masih sekolah gue pendiem, jangankan ngobrol ama cewek ngobrol sama temen satu bangku aja kalo ada perlu nya doang alias kalo ada mau nya doang. Bukan minjem duit. Kurang lebih kaya cewek jaman sekarang. Kalo kata temen, gua itu orang nya terlalu serius, jarang becanda dan juga baperan. Ga heran dah kenapa lu jomblo sampe sekarang. Si bangke wkwkwkwk ~~~

 

~~Nah, dari situ mau ga mau, gue jadi intropeksi diri. Mungkin kalo gue ngerubah diri/jadi orang lain, gue bakal bisa berbaur, bakal punya banyak temen, dan juga banyak cewek2 yang suka sama gua wkwkwk. Dan beneran aja, ketika gua tampil yang bukan diri gua alias jadi orang lain, orang lain itu seneng loh sama gua. Cewek juga ada yang seneng sama gua, tapi setelah gua telusuri ternyata dia lagi gabut aja lagi gada yang ngehibur. Si bangke kedua.

 

Tapi beneran ada juga cewek yang seneng sama gua dari gua jadi orang lain, tapi ga lama. Eaa.

 

Tadinya kan pendiem, gua coba jadi orang yang banyak bacot, sok asik, belajar gombal, ngeselin, pokoknya sifat asli gua tuh gua kebalikin. Tujuannya biar bisa dipandang sama orang-orang. Gua jalanin berbulan-bulan lamanya, dan beneran loh, orang lain ada yang seneng sama gua. Ada lah peningkatan gua dikenal sama orang-orang. Tapi ga banyak juga.

 

Gua rasain perbedaannya, kehidupan gua jadi diri sendiri dengan jadi orang lain. Beda nya apa? Susah jadi orang lain itu, perlu belajar juga cari-cari informasi orang yang menurut gua bisa ditiru. Dan seneng juga ketika dapet tanggepan/perhatian dari orang lain. Kita jadi kenal.

~~~

TAPI !!

 

Tapi apa? Diri sendiri ga ngerasa damai. Capek sendiri malahan. Berusaha cari perhatian dan pengakuan orang dengan jadi orang lain itu nyiksa banget beneran. Bikin kita jadi overthinking ketika reaksi orang ga sesuai sama ekspetasi. Dan bener-bener ngerusak mood parah ketika orang lain cuek sama kita. sakit banget pokoknya huhuhu.. (lebay)

 

Yang repotnya ketika sifat asli gua keluar, entah ketika itu gua lagi kena masalah di rumah, orang lain kan udah nilai kalo gua ini banyak bacot, selalu happy, ya mereka ngerasa aneh sama gua yang tiba-tiba pendiem. Malah ya ga peduli sama gua. Dan gua pun punya kesimpulan, sepandai-pandainya kita jadi orang lain, kita bakal kembali jadi diri sendiri ketika punya masalah. Dan ga ada yang bener-bener peduli sama kita selain keluarga dan diri kita sendiri. Lanjut. ``

 

Kemudian..

 

Sampe ke titik berita viral pesulap merah akhirnya gua sadar (bukan bangun dari pingsan ya). Iya, gua coba ngenalin diri sendiri secara perlahan, belajar nerima kenyataan yang di luar kontrol gua (kadang dunia sering kali ga sesuai dengan ekspetasi) dan gua coba jujur ke diri sendiri ketika ngelakuin suatu hal tujuan nya itu karena apa? Contoh kecil: ketika gua pengen up status whatsapp, tujuan gua up status itu karena apa? Diri gua ini bilang cuma iseng aja, tapi sebenernya dari hati kecil paling dalam gua up status itu karna pengen diliat sama “dia”. :) ~~~ diri gua selalu ngelak, gua up status cuma iseng doang, tapi sering kali gua cek daftar yang liat status gua siapa aja, “dia” liat ga ya ? ````

 

~~~iya gua coba jujur ke diri gua sendiri mulai dari hal-hal kecil kaya up status wa. Mungkin ini kebilang sepele, namun lama kelamaan coba deh rasain damai nya. Minimal jujur omongin ke diri sendiri meskipun ga terang-terangan bilang ke orang-orang. 

 

Sekarang ga harus mikirin orang lain suka apa ngga, terima apa ngga, karna itu emang di luar kontrol kita. Masalah yang sering kita lakuin adalah naro harapan/kebahagiaan pada tanggapan orang lain. Ketika tanggapan orang lain ga sesuai ekspetasi kita, kita pasti bakal sedih. Karena jawaban orang lain itu emang ga bisa kita kontrol. Yang bisa kita kontrol itu- yang bisa kita lakuin itu, ngelakuin yang terbaik sebaik mungkin, bodo amat sama pendapat orang/

 

Jadi diri sendiri.

Sumber: kompasiana.com

 

 

 

5 komentar:

Kalo mau hujat juga gpp koq, kasih komentar terburuk anda..

komentar reply