Thursday, June 20, 2019

Ilmu yang Sangat Penting dalam Kehidupan


Di Indonesia, kita dituntut untuk menimba ilmu di sekolah selama 12 tahun. Itu pun masih standard. Selama 12 tahun itu, kita dibekali banyak sekali mata pelajaran (yang katanya) untuk kehidupan kita. Seperti mata pelajaran Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, dan yang lain. Namun sebenarnya, tidak semua yang diajarkan di sekolah sangat penting atau sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita. Beneran.
 
Lulusnya dari bangku SMA (sederajat), kebanyakan para lulusan hanya jadi kuli pabrik, atau juga buka usaha sendiri. Setelah berakhirnya masa sekolah (tidak melanjut kuliah), tidak 1 pun mata pelajaran yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Yang kita pakai hanya, perilaku baik dan sifat kita masing-masing. Bukan mata pelajaran sekolah.

Ada banyak hal yang tidak diajarkan di sekolah yang seharusnya kita dapatkan. Di sini, saya akan menuliskan Ilmu yang Sangat Penting dalam Kehidupan.

    1.  Komunikasi

Komunikasi anime

Tau gak, sih? Komunikasi merupakan ilmu penting yang sederhana, yang bisa mendapatkan kepercayaan orang lain jika kita memilikinya. Seorang pelawak mampu membuat penontonnya terhibur karena komunikasi baik yang dimilikinya. Materi lucu semua orang bisa memikirkannya, namun jika komunikasinya tidak baik alias “grogi/gagu”, seorang pelawak itu tidak akan mampu menghibur para penontonya.
Komunikasi sangat berperan dalam menciptakan hubungan baik dengan orang-orang. Dengan kita mampu berkomunikasi dengan baik, kita bakal punya banyak teman baik dalam hidup kita. Punya sedikit/banyaknya sahabat dalam hidup kita, tergantung dengan komunikasi yang kita miliki.

Mau sebodoh apapun sekolah kita, jika kita punya hubungan baik dengan orang-orang, pekerjaan akan sendirinya datang kepada kita. Bakal banyak yang menawarkan pekerjaan dari teman-teman kita, tentunya karena hubungan baik kita. Dan hubungan baik berawal dari komunikasi yang baik.

    2. Menguasai Bahasa Sekitar

Detective Conan 

Setelah berkomunikasi, menguasai bahasa di sekitar adalah ilmu yang sangat berperan bagi kehidupan. Di Indonesia, banyak sekali bahasa-bahasa daerah yang kita jumpai di tiap-tiap daerah. Untuk bisa bersosialisasi dan punya hubungan baik, kita juga harus bisa menguasai bahasa daerah yang kita tempati. Dan tentunya, untuk menjaga dan melestarikan bahasa daerah kita juga.

Di sekolah, kita diajarkan bahasa Inggris. Tapi, tau gak, sih? Dalam 12 tahun kita belajar bahasa Inggris, yang diajarkan hanya menulis dan mengerti arti-arti kata bahasa inggris saja. Tidak ajarkan praktek berbicara dan penerapan berbicara bahasa inggris langsung. Makanya, kebanyakan dalam 12 tahun sudah kita belajar, masih belum bisa berbahasa inggris. Butuh belajar lebih di luar sekolah, seperti kursus bahasa inggris. Bisa juga belajar sendiri lewat Youtube.

Menguasai bahasa asing adalah ilmu yang paling berharga, untuk mudahnya mendapatkan pekerjaan dan suksesnya dalam hidup.

    3. Mempelajari Teknologi

Jago Komputer Anime 

Ternyata, kata-kata “Belajar teknologi dari sekarang, supaya enggak ketinggalan jaman” adalah kata-kata yang benar. Agar mudahnya dalam lulus sekolah jurusan (komputer)  dan mudahnya mendapatkan pekerjaan. Teknologi yang dimaksud, belajar komputer pastinya. Mempelajari semua jenis Microsoft (Word, Excel, Powerpaint, acces), edit video, dan software-software penting yang bisa menghasilkan uang.

Jaman sekarang sudah disebut “Jaman Millenial”. Mulai dari anak kecil yang masih umur 4 tahun, sudah bisa main gadget. Orang tuanya belum. Itu suatu kebanggaan yang luar biasa. Siapa tau, saat umur 25 tahun sudah bisa menguasai ilmu komputer. Gampang untuk dapet pekerjaan. Namun, jika digunakan berlebihan atau juga penggunaannya terlalu banyak main game, bisa berdampak buruk juga.

    4. Beladiri

Rock Lee & Metal Lee 

Dunia ini keras, manusia hidup sesuai keinginan masing-masing. Berbuat buruk sudah banyak menjadi pilihan bagi manusia yang hidup bebas. Berbuat semaunya, apapun yang mereka sukai tidak peduli benar atau salah. Untuk melawan itu semua, kita butuh tameng beladiri. Beladiri juga bukan untuk gaya-gaya-an sok keren atau juga ditakuti dan disegani. Beladiri adalah simbol membela kebaikan. Membela mana yang benar, dan membenarkan mana yang salah.

5      5. Ilmu Agama

Berdo'a - Candra Wijaya
Sumber : pengusahamuslim.com
Terakhir, ilmu yang sangat penting dalam kehidupan adalah memperdalami agama kita. Percuma kita sudah menguasai berbagai macam ilmu atau pengetahuan, pengalaman, jika agama kita dilupakan ataupun pengetahuan tentang agama kita minim, hidup kita tidak akan pernah berkah. Suatu saat, semua yang hidup akan kembali kepada Yang Maha Kuasa.

Hidup bukan cuma sekali, bukan cuma untuk dunia, akan datang kehidupan lagi setelah kematian. Seorang dokter islam Dr. Zakir Naik menyampaikan sebuah pesan, “Sedikit pengetahuan menjadikanmu ateis. Terus mendalami ilmu pengetahuan menjadikanmu beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Artinya, terus belajar, pelajari tentang alam semesta ini, suatu saat kita akan tahu Tuhan kita siapa. Tuhan terus memperhatikan kita.

Pelajari lah agamamu, untuk bekalmu, setelah kematianmu. Agar menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ya, itulah Ilmu yang Sangat Penting dalam Kehidupan. Dan dari ilmu/pelajaran di atas, tidak begitu diajarkan di sekolah, kalaupun diajarkan, hanya tahap dasar pengenalan saja. Selebihnya, kita yang mau melanjutkannya atau tidak (belajar di luar sekolah).

Sekolah tinggi tidak menentukan sukses dalam hidup. Yang menentukan adalah keinginan untuk terus belajar dan tidak pernah berhenti belajar.
 
-Salam- 😊









7 comments:

  1. Mnrt aku ada lagi, skill masak untuk bertahan hidup. Penting bgt buat perantauan 😄

    ReplyDelete
  2. bener tuh, gk bakal kita belajar hal hal tersebut di bangku sekolah tinggi. Apalagi kalau kitanya merantau, kudu belajar masak juga biar bisa menghemat pengeluaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya kalo masak sendiri pengeluarannya agak-sedikit gede. Beli bahan-bahannya, beli bumbu-bumbunya, beli gas, dan yg lain. 😀

      Delete
  3. Menurut saya, pelajaran sekolah memiliki peran penting dalam kehidupan kok. Beberapa hari sebelumnya saya sempat menonton video singkat tentang hal itu, dan pikiran sedikit terbuka. Namun, memang tidak secara mendalam, hanya dasar-dasar yang tanpa kita sadari cukup berperan dalam kehidupan.

    Seperti yang disebutkan, ilmu komunikasi sebenarnya sudah kita pelajari dasarnya dari sosiologi. Kemudian bahasa daerah tentu kita pelajari di daerahnya masing-masing. Kecuali ingin menambah bahasa daerah lain harus rela berusaha lebih untuk mempelajarinya. Beladiri dasarnya dari olahraga, dan ilmu lainnya yang disebutkan tadi, kita pun tau ada di pelajaran sekolah. Kuncinya jika ingin lebih mahir, ya berikan juga usaha lebih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali gan, cuma yg diajarkan disekolah itu tahap pengenalan dan dasar-dasar nya aja. Bukan hal terpenting dlm kehidupan asli. Contoh komunikasi, kita emg ditugaskan persentasi bukan seperti mengobrol atau bersosialisasi.

      Delete
  4. Bener bgt sih. Byk bgt ilmu yg sbnernya bisa kita peroleh saat menempuh pendidikan. Ya meskipun belajar nggak cm di dalam kelas/ruangan tp tetep aja dr pendidikan kita bisa belajar byk hal

    ReplyDelete
  5. Justru belajar dari yang sederhana di sekitar kita punya banyak manfaat. Kalo sekolah cuman teori, kalo bermasyarakat ya sekolah kehidupan yang sesungguhnya.

    ReplyDelete

Kalo mau hujat juga gpp koq, kasih komentar terburuk anda..

komentar reply