Sunday, April 19, 2020

Pelajaran Hidup dalam 19 Tahun

Halo, gua Candra. Biasa dipanggil “Can”, atau “Dra”. Umur gua udah 19 tahun. Ya, gua udah lulus sekolah. Dua tahun yang lalu gua lulus sekolah. Abis lulus sekolah ini, gua melanjut ke kuliah. Maksudnya “Kuli ah”. Iya, kerja di pabrik mamennn. Alhamdulillah. --
 
Ya, sekali lagi gua kasih tau, umur gua sekarang 19 tahun. Dari pengalaman gua hidup selama 19 tahun, gua dapet baaanyakk banget pelajaran yang bisa gua aplikasi-kan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Eaaa. Bahasanya boleh banget ya? Maklum, baru gede gua. Skip.

Pelajaran hidup yang gua dapet itu ada sebagai berikut.

1.  Bersyukur

Gua akhirnya tau, betapa pentingnya arti kata “Bersyukur”. Di saat kita sedang tidak punya, kita berusaha, tapi dapetnya ngga seberapa. Mengeluh. Habis. Berusaha lagi. Dapet sedikit. Pusing. Berusaha lagi. Dapetnya sama aja. Ngeluh. Banting stir. Dapetnya malah lebih dikit. Ngeluh lagi. Berusaha lagi. Engga dapet apa-apa. Bingung. Berusaha lagi. Dapet sedikit dan berulang – ulang.

Ternyata yang perlu kita lakukan itu adalah Bersyukur. Firman Allah SWT. : "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (kenikmatan) ke padamu, dan jika kamu mengingkari, maka sesungguhnya adzab-ku sangat pedih."

2. Loyalitas atau Konsisten

Kalian tau? Ternyata loyalitas atau konsisten pada suatu hal itu hasilnya bener-bener menggiurkan. Kadang ada orang yang gampang bosenan atau ngga betahan dengan suatu hal yang sedang dia lakukan/jalani. Padahal kalo kita loyal dengan hal yang sedang kita jalani, kita bakal dapet dampak istimewanya di kemudian waktu.

Contoh : Lu udah kerja bertahun-tahun di PT.Misalkan, upahnya UMR. Cuma gak ada lemburan. Lu bosen. Penghasilannya segitu-gitu aja. Dan lu mau nyari kerjaan lagi yang penghasilannya lebih gede, alias ada lemburan. Lu keluar. Terus dapet kerjaan yang ada lemburan. Cuma ngga bertahan lama. Pas kontraknya abis lu gak dapet panggilan lagi. Jadi? Ya nyari kerjaan lagi. Gak ada pemasukan.

Padahal kalo lu tetep loyal/konsisten kerja di PT.Misalkan, Lu tetep bakal dapet penghasilan. Tiap tahun pun penghasilan bakal naik, bisa jadi kalo tetep loyal bakal diangkat jadi karyawan tetap atau naik jabatan. Nahh! paham, kannn.. maksud guaa?? Apa sihhhh!!

Bukan cuma kerjaan, loyalitas itu bisa dalam hal apapun. Kayak hubungan, posisi kerjaan, pertemanan, member grup, wirausaha dan lain-lain. Pokoknya tetep loyal atau setia dengan hal yang positif, hasilnya bener-bener istimewa buat diri sendiri.

Setia itu Mahal.

3.  Bersih dan sehat itu dejarat paling tinggi.

Udah ngga asing lagi didenger kalo punya kulit putih itu di-identikan dengan cantik. Punya kulit putih menjadi favorit orang-orang Indonesia. Malah, bisa dibilang, semua orang kepengen punya kulit putih biar keliat 'cakepan', termasuk gua sendiri. \

Padahal, sebenernya, punya kulit putih itu ngga bener-bener menjamin cakep. Dan kulit bukan putih itu ngga bener-bener menjamin ngga cakep. Kulit putih atau ngga-nya, tergantung dari bersih dan sehatnya kulit kita.

Ngga perlu susah payah ngeluarin banyak duit buat punya kulit putih, putih ngga selamanya cakep. Yang penting itu bersih dan sehatnya kulit kita. Karena bersih dan sehat itu derajat tertinggi dari putih. 'Save your money, guys'.

------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ya, guys. Itu lah pelajaran hidup yang gua dapet selama 19 tahun. Sebenernya masih ada lagi, cuma gua tulis point teratas nya aja. 

'And you know, guys?' Gua itu orang nya kurang bersyukur.. (udah dapet kerjaan yang upah-nya bisa dibilang tinggi, ngeliat ada temen yang upah lebih tinggi, lalu keluar, kepengen gajinya sama kayak temen, malah gak dapet kerjaan). Sekarang kerja yang gajinya lebih rendah.

Gua orangnya gak loyal, gampang bosenan. Baru mulai nulis (ngeblog) berapa bulan, nggak lama, udah ngga nulis lagi. Baru mulai nge-youtube berapa bulan, nggak lama, udah jarang upload. 

Dan yang ketiga, gua terlalu terpancing sama KEINGINAN.. YANG SEBENARNYA ITU GAK GUA BUTUHKAN. Muka gua sekarang jerawatan, kulit tangan gua sekarang gampang banget kena alergi, dan badan gua sekara.. ngg....... ...... ... yeahhh..... :((((


---


Ya guys.. pesen aja, cobalah untuk lebih menghargai dengan apa yang kita punya dan yang kita dapat saat ini. Dengan Bersyukur, loyalitas (setia) dan terus menjaga kebersihan.

Karena Menghargai keadaan lebih baik daripada mencela keadaan yang ada. :))))))

(Quotes nya copyright). :((((

 

2017
Senyuummm :)
 




No comments:

Post a Comment

Kalo mau hujat juga gpp koq, kasih komentar terburuk anda..

komentar reply