Tuesday, January 1, 2019

2019 MulaiBerubah


Di awal tahun 2019 ini, saya mengucapkan Selamat ! kepada kalian yang sudah punya rencana untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Walau kebanyakan cuman sekedar “Wacana Forever”. 
 
Banyak yang nulis di status media sosialnya atau juga berbicara langsung, entah sebagai harapan atau cuma gaya-gaya-an doang biar ngga ketinggalan ama yang lain, dan pada kenyataan-nya ngga sesuai dengan yang di-omongin. Terutama jomblo, sewaktu 2017 ke 2018, “Di 2018 nantii, gua bakal jadi orang baik”. “Di 2018 nanti, gua bakal lebih rapih dan cakep”. “Dan dii 2018 nanti, gua bakal penuh gaya supaya ada yang mau jadi p*c*r gua”, ketika sampe sekarang, gak tau-nya masih sama. Masih belum berubah. #2019GantiNasib

Ngomongin soal berubah, tentunya kembali lagi ke diri kita. Sesuatu yang salah dan keliru harus segera kita ubah ke jalan yang benar. Banyak keluhan/kritik ngga enak dari pembaca artikel saya pastinya. Ada yang bilang “Ahh, so bijak loe.. urus dulu diri lu sendiri”, atau “Di sini ngomong-nya kayak orang sok iye, padahal aslinya cupu”, dan mungkin masih ada lagi dari dalem hati kalian yang ngga diungkapin.

Jadi gini, gua sih berterima kasih kepada kalian yang udah ngasih kritik tentang postingan gua, entah lewat komen/ngomong langsung/cuman dipendem, dengan begitu berarti ada yang baca artikel gua, artinya artikel gua bukan kayak status facebook, yang cuma diliat sekilas, like, lalu di-scroll kebawah. Ngga ada yang nyantol/terkesan dari hati pembacanya.

Cuman gua ngerasa kasian aja dengan kalian, yang cuma ngeliat bungkusnya aja bukan isi-nya atau manfaatnya. Bukan bermaksud mau menceramahi atau juga men-sok pintari, namun, gua di sini juga sama masih belajar, masih banyak kesalahan, dan ngga beda jauh dengan kalian (cuma manusia penuh kekhilafan). Tapi gua ngga diem aja, ketika gua udah tau kalo gua kayak gitu. Gua mencoba untuk mengubah diri gua lewat sebuah tulisan. Ada yang bilang “aslinya padahal cupu”, iya gua emang cupu, jadi kalo cupu ngga boleh nulis kayak orang berwawasan? Apa harus diem aja? Gua menyampaikan sesuatu yang bermanfaat lewat sebuah tulisan karena gua sadar, gua ngga bisa menyampaikan lewat sebuah omongan, atau juga lewat pidato. (termasuk khutbah jum’at).

Gua berfikir, apa yang bisa membuat diri gua itu bisa berubah dan juga bisa bermanfaat buat orang lain. Ngga disimpen sendiri, dan juga dimakan sendiri. Ya meskipun, tulisan gua masih belum membuat terkesan buat orang yang nge-bacanya. Tapi tetep terus belajar. Gua juga setiap nulis, gua baca ulang, mana kata-kata yang pas dan enak saat dibaca. Engga asal tulis doang. Sebenernya, setiap artikel yang gua posting itu bukan berpacu pada kalian, melainkan berpacu pada diri gua sendiri. Setiap apa yang gua tulis itu, segalanya tentang pengalaman dan kesalahan diri gua, kayak “Ternyata engga sesulit yang gua kira”, “Jangan sia-sia kan waktunya Ndra! Selagi rasa itu ada”, “Apa yang gua lakuin sekarang, membentuk di masa depan nanti” (untuk kalian yang udah baca artikel gua sebelumnya). Cuma kalian aja yang terlalu fokus ama pikiran negatif kalian, tentang artikel yang gua buat. (mungkin merasa diceramahi/merasa lebih baik). udah keliat banget kalo gua itu lagi curhat

Kembali lagi ke kalimat “bukan bermaksud menceramahi atau juga men-sok pintari”, karena gua juga sama seperti kalian, sama-sama masih belajar. Cumannnn, banyak orang yang keliru, dengan omongan ngga enak/kritik dari kalian yang ngebaca artikel gua (terutama elu yang udah saling kenal ama gua di dunia nyata).

Masalahnya, para pembaca ngeliat sesuatu dari orangnya, bukan tulisan/manfaatnya. Gua kalo mau dibilang rugi sih engga, cuma melenceng dari tujuan gua (yang mau nyebarin manfaat buat orang lain dan juga elu) mengubah diri kita menjadi lebih baik.

Kalo ada sesuatu yang baik dari orang lain, AMBIL baiknya, jangan liat kekurangannya. Lu ngga akan tau betapa sulitnya dia ngejalanin hidup sampe dia mau berbuat baik ke elu, (entah berupa nasihat, pemberian, bantuan). Jangan liat dia itu jelek/nakal/miskin/cupu kalo ada ilmu yang baik dari diri dia, ambil ilmu-nya, tinggalkan segala sifat buruknya. Ubah pikiran buruk tentang orang lain menjadi, “Saya mengambil hal-hal baik dari diri dia, untuk mengubah saya menjadi lebih baik”. Kalo elu terus berfikiran “Ahh so bijak lu cumi asin, males gua ngedenger omongan loe”, lu ngga bakal pernah berubah menjadi lebih baik, karena semua orang pasti punya kekurangan, mario teguh juga punya kekurangan, cuman lu-nya aja yang ngga tau kekurangan-nya apa, jadi lu nerima hal-hal baik dari beliau.

Dan ngga cuma dari gua aja, jika ada dari orang lain (siapapun dia) yang ngasih hal-hal baik ke diri elu, ambil baik nya, tanpa memperdulikan orang itu seperti apa, karena setiap manusia pasti punya kekurangan. Segala sesuatunya, sama-sama untuk mengubah diri kita menjadi lebih baik.

Beda cerita kalo orang itu ngga sesuai dengan omongannya, kayak misalkan, kakak lu nyuruh untuk jangan berpacaran, namun, lu sendiri tau kalo kakak lu itu padahal pacaran. Nah, itu baru ada sesuatu yang salah dari orang yang memberi kebaikan, jangan nyuruh pacaran tapi sendirinya pacaran. Akan lebih baik, yang memberi kebaikan itu sesuai dengan omongannya, atau juga sama-sama sedang berniat menjadi lebih baik (bukan sekedar memberi kebaikan doang).

Dan gua di sini, setiap artikel yang gua posting, adalah untuk mengubah diri gua menjadi lebih baik. Bukan untuk menceramahi atau juga men-sok pintari. Bisa-bisa aja gua ubah kata “kalian/kamu/elu” jadi “gua” di setiap artikel yang udah gua posting. Tapi kenapa ngga diubah aja? karena gua ngga mau nyimpen buat gua sendiri, manusia punya banyak kekurangan, perlu yang namanya belajar (termasuk gua dan juga elu). Harus saling memberi manfaat, dan juga saling mengingatkan, yang juga usia kita kian terus bertambah, semakin dewasa, semakin juga saling membutuhkan. Jadi, biarkanlah kita sama-sama berubah menjadi lebih baik, dengan mengambil apa yang baik, dan saling mengingatkan apa yang salah dari diri kita masing-masing.

Sekarang sudah 2019, jadilah netizen yang cerdas dalam menanggapi postingan-postingan, atau juga pesan lewat video. Kalo ada hal baik yang mampu mengubah diri kita, ambil baiknya, dan perbaiki yang salah. Di sini gua mencoba meluruskan apa yang salah atau keliru dari tanggapan kalian (boleh setuju/engga), dan terlebih lagi untuk usia kita yang semakin dewasa, tentunya kita harus saling untuk mengingatkan jika ada yang salah.

Semoga di tahun 2019 ini kita semua (termasuk kamu yang baca ini), menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya, dimudahkan segala urusannya, dilancarkan rezekinya, dan didekatkan jodohnya (khususnya yang masih single). Aamiin..

Image Mulai Berubah
Image-nya hijrah :) :v


*Terima kasih untuk elu yang sudah membaca sampai sini.. Semoga menjadi pribadi yang lebih baik #eahh

No comments:

Post a Comment

Kalo mau hujat juga gpp koq, kasih komentar terburuk anda..

komentar reply